Menu Close

Seperti Apa Manfaat Cream Wajah Farmasi dan Bagaimana Efek Sampingnya?

cream-wajah-farmasi-manfaat-efek-samping

Cream Wajah Farmasi – Tidak semua orang memiliki kulit wajah yang bagus. Ada saja yang mengalami keluhan kulit seperti wajah kusam, berjerawat, ada bintik-bintik hitam pada wajah, kulit wajah tersa kasar dan keluhan kulit lainnya.

Biasanya keluhan kulit-kulit tersebut bisa diatasi dengan produk kosmetik berbahan ringan yang sudah beredar di pasaran dan iklan-iklannya pun sering kita lihat di layar kaca atau majalah dan koran.

Tapi ada juga orang yang memiliki keluhan kulit yang tidak dapat diatasi oleh produk skin care berbahan ringan. Kulit mereka membutuhkan cream wajah farmasi, atau krim wajah dengan zat aktifnya sebagai obat yang dapat mengatasi keluhan pada kulit.

Karena cream wajah farmasi seperti ini memiliki efek samping, karenanya sebelum menggunakannya perlu konsultasi dengan dokter spesialis kulit, dan dokter akan memberikan resep krim wajah yang cocok dengan karakter kulit masing-masing.

 

Manfaat Cream Wajah Farmasi

Biasanya krim wajah farmasi mengandung zat aktif yang lebih efektif mengatasi keluhan kulit dibandingkan dengan produk kecantikan yang beredar di pasaran (over the counter products).

Komposisi yang terkandung dalam produk kecantikan farmasi seperti retinol, alpha hydroxy acid, dan zat pemutih wajah.

Karena produk tersebut memiliki efek samping jika tidak digunakan sesuai aturan pakai. Dan dokter spesialis kulit akan meresepkan produk skin care sesuai dengan kondisi kulit individu.

 

Pengobatan Jerawat

Wajah yang mengalami jerawat yang ringan sampai parah yang tidak sembuh dengan menggunakan anti jerawat yang ada di pasaran, mungkin dapat diobati dengan anti jerawat yang diresepkan oleh dokter.

Contohnya menggunakan obat topikal jerawat seperti retinoid yang merupakan turunan dari vitamin A.

Zat ini dapat mengurangi minyak di pori-pori yang menimbulkan peradangan pada jerawat. Contoh zat retinoid seperti adapalene, tazarotene, dan tretinoin.

Jika jerawatnya sangat parah, dokter tidak hanya memberikan obat topikal yang dioleskan pada kulit, juga memberikan resep antibiotik yang harus diminum sebagai anti bakteri penyebab jerawat.

 

Mengurangi Kerutan

Biasanya pengobatan jerawat itu ada proses penggantian sel dengan cara pengelupasan pada kulit. Pengobatan yang sama juga dilakukan untuk mengurangi kerutan kulit.

Biasanya krim wajah farmasi yang mengurangi kerutan kulit mengandung antioksidan seperti vitamin A. Antioksidan akan melawan molekul-molekul penyebab kerutan dini.

Biasanya dokter akan meresepkan produk yang mengandung alpha hydroxy acid seperti glikolat, asam laktat dan asam sitrat.

 

Krim Pemutih

Seiring bertambahnya usia, biasanya pada wajah akan muncul bercak-bercak coklat atau melasma yang salah satu penyebabnya karena terpapar sinar matahari.

Untuk menghilangkan bercak coklat, dokter akan memberikan perawatan pemutihan yang dapat menghambat produksi pigmen dalam sel kulit yang dapat mengurangi bercak coklat.

Biasanya produk yang diresepkan mengandung hidrokinon dengan konsentrasi lebih dari 2%. Ini menjelaskan kenapa hidrokinon tidak boleh ada dalam produk kecantikan yang berada dalam pasaran, karena hidrokinon termasuk ke dalam golongan obat yang hanya diberikan dalam resep dokter.

Zat pemutih lain yang digunakan biasanya kojic acid, glycolic acid, vitamin A creams, azeleic acid, ascorbic acid, lactic acid and salicylic acid.

 

Efek Samping Cream Wajah Farmasi

Karena cream wajah racikan farmasi mengandung konsentransi zat aktif yang lebih tinggi dibanding dengan produk serupa yang beredar di pasaran (produk over the counter/OTC), biasanya memiliki efek samping.

Contohnya krim yang mengandung vitamin A dan zat pemutih lainnya dapat membuat kulit wajah lebih sensitif terkena sinar matahari. Pencegahannya dengan menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15.

Efek samping yang lain adalah kulit kemerahan, pengelupasan dan iritasi.

Karenanya dokter biasanya memberikan juga krim anti iritasi untuk mencegah timbulnya efek samping.

disadur dari: livestrong.com

3SRD Beauty Series sebagai Krim Wajah Farmasi yang Aman

krim-wajah-farmasi-3srd-beauty-series

Salah satu over the counter product adalah 3SRD Beauty Series.

Produk perawatan kulit yang diformulasi oleh apoteker dan diproduksi di inndustri kosmetik yang sudah memiliki serifikat cara pembuatan kosmetik yang baik dari BPOM.

Berikut ini keterangan dan testimoninya.

krim-wajah-farmasi-3srd

testimoni-3srd-beauty-series-46

testimoni-3SRD-Beauty-Series-48

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *