Tips Memilih Cream Wajah yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

tips-memilih-cream-wajah-yang-aman-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui

Tahukah Anda apa saja tips memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui? Memiliki wajah yang cantik, halus dan memiliki kulit yang terang membuat semua orang akan menginginkannya.

Terutama pada saat hamil banyak wanita yang merasa tidak percaya diri jika tidak menggunakan cream wajah.

Selain akan tampil kurang prima wajah cenderung akan terlihat lebih gemuk, kusam dan segalanya yang membuat wajah menjadi kurang terlihat baik.

Hal ini karena anda tentu mengetahui ketika hamil tak boleh sembarangan menggunakan cream wajah harus yang aman dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

Perawatan wajah di bawah merupakan salah satu rekomendasi perawatan wajah yang aman dan sebaiknya menjadi pilihan bagi anda yang hamil namun tetap ingin merawat wajah. Untuk mengetahui lebih jelas hendaknya mengetahui tips memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

cream-wajah-yang-aman-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui

Tips memilih cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui yaitu:

1.     Terhindar dari kandungan bahan berbahaya pada cream

Untuk menggunakan kosmetik berbentuk cream untuk wajah Anda alangkah baiknya jika menggunakan kosmetik yang aman.

Terlebih bagi anda yang sedang mengandung dan menyusui harus memastikan apakah benar-benar aman kosmetik yang digunakan.

Anda perlu memeriksa kandungan yang ada pada wadah cream tersebut. Jika anda merasa ada kandungan hydroquinon, mercury, retinol dan masih banyak lainnya berarti produk ini adalah jenis produk berbahaya dan sebaiknya dihindari.

Hal ini karena mengandung bahan berbahaya untuk kulit dan dapat merusak kulit. Ketika tidak sedang dalam kondisi hamil dan menyusui saja berbahaya terlebih jika pada saat kondisi hamil dan menyusui.

Penggunaan kosmetik yang mengandung bahan berbahaya akan masuk kedalam lapisan kulit terbawa dan berpengaruh pada kehamilan dan air susu yang diberikan oleh bayi Anda.

Bahan kosmetik apa saja yang perlu dihindari oleh ibu hamil? Berikut ini adalah daftar bahan yang tidak bisa digunakan oleh ibu hamil.

– Retinoid: 

Zat aktif ini biasanya terdapat di pelembab antiaging, produk anti jerawat, pigment disorders dan plaque psoriasis.

Retinoids (dikenal juga dengan nama tretinoins) adalah salah satu tipe vitamin A yang dapat mempercepat regenerasi kulit.

Retinoids merupakan salah satu dari kandungan skincare yang harus dihindari oleh ibu hamil. Beberapa penelitian menunjukkan ibu hamil yang mengkonsumsi retinoids yang diminum langsung seperti isotretinoin (untuk pengobatan jerawat) dapat menyebabkan cacat lahir.

Tetapi jika retinoid digunakan di dalam skincare sebenarnya tidak bermasalah, hanya saja sebaiknya ibu hamil pun tidak menggunakan skin care yang mengandung retinoids.

Biasanya dalam kemasan kosmetik, retinoid ditulis dengan nama lain sebagai berikut:
Avage, Fabior, Tazorac (tazarotene)
Avita (tretinoin)
Differin (adapelene)
Panretin (alitretinoin)
Retin-A, Renova (tretinoin)
Retinoic acid
Retinol
Retinyl linoleate
Retinyl palmitate
Targretin gel (bexarotene)

Salicylic acid (BHA)
Biasanya ditemukan pada cleansers, toners dan moisturizers. Cara kerjanya adalah dengan penetrasi dan mengurangi minyak pada wajah, dan juga pengelupasan pada kulit dalam tingkat yang ringan. Sebaiknya ibu hamil menghindari asam salisilat.

Nama lain asam salisilat yang tertera di kemasan sebagai berikut:
Salicylic acid
Beta hydroxy acid
BHA

– Hidrokinon

Hidrokinon biasanya digunakan untuk menghilangkan pigmentasi pada kulit seperti melasma dan chloasma, dan untuk produk kosmetik biasanya digunakan sebagai pemutih kulit dan hasil yang dirasakan dalam memutihkan kulit terhitung cukup cepat dibandingkan dengan whitening agent  lainnya.

Berdasarkan penelitian, diperkirakan hidrokinon yang terserap pada kulit jika dioleskan sekitar 35-45%.  Dan berdasarkan data, penggunaan hidrokinon selama hamil tidak menimbulkan efek samping yg buruk pada ibu hamil.

Namun karena persentase penyerapan yang tinggi pada kulit jika dibandingkan dengan zat yang lain, lebih baik ibu hamil tidak menggunakan produk yang mengandung hidrokinon sampai ada penelitian lebih lanjut.

Sumber: National Center for Biotechnology Information USA

2.     Konsultasikan pada ahli kesehatan

Alangkah baiknya Anda perlu berkonsultasi kepada ahli kesehatan kulit atau dermatologist. apakah bahan tersebut aman bagi ibu hamil dan menyusui ketika digunakan.

Jika dermatologist yang Anda konsultasikan mengatakan tidak baik maka sebaiknya gantikan dengan cream yang aman. Atau jika Anda masih ragu maka mintalah rekomendasi kosmetik yang berbentuk cream yang aman untuk digunakan selama masa kehamilan dan menyusui.

Dermatologistdapat merekomendasikan dan memberikan saran mengenai krim wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Dokter kandungan juga bisa menjelaskan kandungan yang berbahaya di dalam produk kecantikan. pada ibu dan bayi.

Konsultasi kepada dokter merupakan hal yang sangat penting karena dokter dapat mengetahu produk yang aman untuk bumil dan busui.

3.     Mengandung bahan alami

Disarankan untuk menggunakan cream wajah yang mengandung bahan alami. Bahan alami yang digunakan akan secara alami dan tidak berbahaya ketika hamil cream-wajah-yang-aman-untuk-ibu-hamil-dan-menyusuidan menyusui.

Kandungan bahan yang alami akan ramah lingkungan dan membuat wajah menjadi lebih berseri dan cantik karena nutrisi yang diberikan dari bahan alami tersebut.

4.     Bersertifikasi

Apabila kosmetik berupa cream tersebut aman maka biasanya akan mencantumkan nomor keamanan dari BPOM. Dengan mencantumkannya maka akan lebih aman mengenai kehalalan dan keamanan produk.

Namun jangan Anda tertipu terkadang kode BPOM tertera namun sebenarnya tidak terdaftar untuk itu jika kecurigaan muncul. Maka sebaiknya pastikan melalui internet atau telepon agar lebih jelas dan aman ketika digunakan.

Untuk mengetahui no BPOM suatu produk kosmetik cukup mudah. Anda dapat mengunjungi laman notifikasi BPOM di http://notifkos.pom.go.id/bpom-notifikasi/product_list.php, lalu mengetikkan nama produk yang ingin diketahui NO BPOM nya.

Jika produknya sudah terdaftar, nama produk kosmetik tersebut akan muncul disertai nomor notifikasi kosmetik atau No BPOM.

5.     Testimoni yang sudah menggunakan

Untuk mengetahui aman dan tidaknya suatu produk untuk ibu hamil dan menyusui, anda dapat membaca testimoni dari pengguna mengenai produk tersebut.

Anda juga dapat mengetahui secara langsung dari testimoni yang diberikan melalui media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter atau membacanya di laman produk tersebut.

Alangkah baiknya Anda meminta rekomendasi produk yang telah menggunakannya agar lebih aman dan terjamin kualitasnya mengenai produk tersebut.

Cream Wajah 3SRD Beauty Series: Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

skin-care-yang-aman-untuk-ibu-hamil-dan-menyusui

Apabila Anda ingin menggunakan cream wajah ketika hamil dan menyusui maka gunakan paket perawatan wajah 3SRD. Cream wajah ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Tidak terdapat merkuri atau hidrokinon di dalam kandungannya.

Cream wajah 3SRD juga sudah memiliki izin notifikasi kosmetika dari BPOM, jadi tidak perlu lagi diragukan keamanannya.

Dan ini adalah NO BPOM paket perawatan 3SRD Beauty Series:
Night cream : NA18160103843
Day cream : NA18160102985
Sabun : NA18161206494
Serum: NA18161900470

Cream 3SRD mengandung zat aktif yang aman seperti alpha arbutin, vitamin C dan niasinamide yang dapat mencerahkan kulit wajah yang kusam, dilengkapi dengan pelembab gliseril yang dapat membuat kulit wajah terasa lembab, lembut dan halus.

Sabun Transparan 3SRD

Walau sedang hamil dan menyusui, harus tetap rajin membersihkan wajahnya. Tentunya ada perasaan ragu mencari pembersih wajah yang aman untu ibu hamil.
Sabun transparan 3SRD aman untuk ibu hamil. Sabun ini memiliki pH 5.5, termasuk pH rendah sehingga tidak akan menimbulkan iritasi pada kulit, bahkan termasuk kulit yang sensitif pun bisa pakai sabun 3SRD.

Sabun transparan 3SRD mengandung kolagen yang dapat mengencangkan kulit wajah dan juga mengandung pelembab untuk melembabkan kulit.
Sabunnya juga mengandung cocos nucifera oil yang dapat mencegah timbulnya komedo dan jerawat.

Krim Pagi 3SRD

Di pagi atau siang hari sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak hanya menggunakan krim atau pelembab saja, tapi juga menggunakan sunscreen atau tabir surya agar kulit wajah terlindungi dari paparan sinar matahari.

Tidak selalu harus berada di luar ruangan untuk menggunakan sunscreen. Bumil dan busui yang berkegiatan di dalam ruangan juga baiknya menggunakan sunscreen.

Krim pagi 3SRD Beauty Series tidak hanya bisa sebagai pelembab, juga sekaligus sebagai suncreen yang mengandung SPF 15. Dan juga bisa sebagai alas bedak.

Salah satu kandungan utama krim pagi 3SRD adalah vitamin B3 atau niasinamid yang dapat mencerahkan wajah yang kusam.

Ini adalah testimoni dari pengguna 3SRD Beauty Series yang sedang hamil dan menyusui.

Krim Malam 3SRD

Di malam hari, kulit ibu hamil dan menyusui juga membutuhkan nutrisi agar wajah tetap terawat. Krim malam 3SRD mengandung nutrisi kulit vitamin C dan niasinamide (vitamin B3) yang dapat mencerahkan wajah.

Alfa arbutin sebagai salah satu lightening agent dalam krim malam 3SRD juga dapat mencerahkan kulit wajah kusam.

Jika memiliki kulit kering cocok juga menggunakan 3SRD Beauty Series karena mengandung aloe vera dan olive oil sebagai pelembab wajah.

Serum Arbutin 3SRD

Kulit ibu hamil dan menyusui tidak hanya dirawat dengan menggunakan krim pagi dan malam saja, tetapi juga menggunakan serum wajah.

Serum arbutin 3SRD aman digunakan oleh bumil dan busui. Mengandung kandungan utama arbutin untuk mencerahkan wajah. Kandungan lainnya seperti vitamin C yang dapat menerahkan wajah, mengecilkan pori2 dan juga sebagai anti aging.

rp_testimoni-3SRD-Beauty-Series-52-550x549.jpg

testimoni-3SRD-Beauty-Series-25

3srd-beauty-lightening series

Cara Merawat Wajah untuk Ibu Hamil dan Menyusui

1. Mengatasi jerawat

– Bersihkan wajah dengan pembersih wajah yang ringan dua kali sehari.
– Gunakan pelembab wajah yang aman untuk ibu hamil setiap pagi dan malam hari,
– Gunakan produk perawatan wajah yang berasal dari bahan alami seperti olive oil, coconut oil dll.

2. Mengatasi pigmentasi

– Bercak coklat pada wajah yang muncul di saat kehamilan biasanya akan pudar setelah setahun melahirkan.
– Untukmencegah munculnya bercak coklat baru (pigmentasi) gunakan secara rutin sunscreen walaupun berada dalam ruangan.
– Jika beraktivitas di dalam ruangan, gunakan tabir surya dengan SPF 15 (bisa menggunakan krim pagi 3SRD karena bisa sebagai sunscreen SPF 15)
– jika beraktivitas di luar ruangan lebih dari 10 menit, gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau 50 dan lindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari langsung seperti mengenakan payung atau topi.

3. Mengatasi lingkaran gelap dan kantung mata

– Minum air putih setiap hari sebanyak 8 gelas per hari dan makan makanan yang bergizi.
– Tidur ketika bayi tidur, supaya badannya tetap cukup istirahat.
– gunakan eyes cream untuk mengatasi lingkaran gelap dan kantung mata.

Wajah Berkilat ketika Hamil atau Pregnancy Glow

pernah dengar kalau melihat ibu hamil, selalu ada yang bilang wajahnya jadi bercahaya ya, bawaan bayi. Ternyata hal tersebut ada penjelasan ilmiahnya.

Ketika hamil, tubuh akan memproduksi 50% lebih banyak darah yang juga meningkatkan sirkulasi darah, Nah peningkatan sirkulasi darah ini yang menyebabkan wajah menjadi lebih bercahaya.

Hormon kehamilan dalam tubuh juga menyebabkan kelenjar minyak memproduksi lebih banyak minyak yang menyebabkan wajah menjadi lebih berkilat, yang disebut “pregnancy glow”

Lalu bagaimana jika timbul perasaan tidak nyaman karena wajah terlalu berminyak? Ibu hamil dapat menggunakan pembersih wajah free-oil untuk membersihkan wajahnya.

Atau tetap merawat wajah secara rutin dengan cream wajah yang aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Bagikan: Share on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterShare on Facebook

16 comments

  1. Yanet says:

    Setuju sekali. Memang waktu hamil harus hati2 dalam memilih produk yg digunakan atau dikonsumsi, sementara wajah perlu perawatan. Berkonsultasi langsung dengan dokter bisa jadi langkah aman.

  2. Sandra says:

    Wah mau dong pregnancy glow, kayanya pengen pake pas menyusui nih mba, selama hamil saya ga pake krim kriman nih. Tfs ya infonya penting buat Bumil^^

  3. Arni says:

    Ibu hamil memang harus berhati-hati banget ya pilih krim wajah
    Pengen tetap tampil cantik, tapi juga harus aman buat perkembangan bayi
    Makasi sharingnya ya

    • admin says:

      iya bisa tetap mencerahkan ka,
      3SRD bisa dipakai mulai dari promil, hamil hingga melahirkan dan menyusui.
      Pria dan remaja juga bisa pakai :)

Leave a Reply