Sabun Pembersih Wajah Alami

sabun-pembersih-wajah-alami

Menggunakan sabun pembersih wajah alami bisa menjadi salah satu pilihan alternatif bagi yang ingin memiliki wajah bersih dan cerah setiap hari tanpa harus menggunakan bahan kimia berbahaya. Sebagaimana sering diberitakan, ada banyak kasus dimana banyak wanita yang mengalami iritasi, gatal-gatal, kemerahan dan lain sebagainya akibat menggunakan pembersih wajah berbahaya.

Berikut beberapa bahan yang berasal dari alam dan bisa jadi ada di dapur yang dapat dijadikan solusi pembersih wajah alami.

Pembersih  Wajah Homemade

Ada beberapa bahan dirumah yang dapat digunakan untuk membersihkan wajah dengan aman. Salah satunya dengan  menggunakan minyak zaitun yang dicampur dengan minyak jarak. Gunakan campuran minyak untuk membersihkan wajah sambil dipijat lalu dibilas dengan air hangat.

Cara lain adalah dengan menggunakan madu yang dicampur dengan air lemon lalu dioles dan dipijat memutar. Apabila tidak ingin membuat sendiri, maka bisa dengan menggunakan produk kecantikan seperti sabun transparan 3SRD.  Sabun transparan 3SRD terbuat dari bahan alami sudah terdaftar di BPOM.

Tips saat membersihkan wajah

Mencuci dan membersihkan wajah sangat penting agar dapat menjaga kulit tetap bersih dan cerah. Namun begitu, pada beberapa kondisi ternyata membersihkan wajah menimbulkan masalah kulit seperti iritasi, kulit kering, serta kulit yang berminyak. Hal ini dikarenakan membersihkan wajah dengan teknik yang tidak tepat.  Berikut cara mencuci wajah yang sebaiknya dilakukan.

  • Selalu cuci tangan terlebih dahulu. Seringkali kita langsung menuang facial wash atau menggosok sabun kedalam tangan yang masih kotor dan mengusapkan ke wajah sehingga membuat mula menjadi tidak benar-benar bersih.
    Hal ini karena sabun muka yang digunakan kemudian terkontaminasi dengan kotoran dan bakteri yang ada pada tangan dan kemudian berpindah ke wajah.
  • Pilihlah jenis facial wash atau sabun yang cocok sesuai dengan jenis kulit. Sabun cuci muka yang baik adalah sabun yang menghilangkan kotoran pada muka dan bekas make up dengan tanpa menghilangkan kelembapan kulit muka dan sel kulit.
    Hindari sabun yang wangi karena bisa mengandung pengharum buatan yang dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Pilih sabun yang memiliki aroma wangi alami seperti sabun transparan 3SRD.
  • Mencuci wajah sebaiknya dilakukan seperlunya sehingga tidak membuat kulit menjadi kering. Terlalu sering mencuci wajah justru dapat menjadikan kulit kering dan iritasi selain itu, pada muka yang berminyak, apabila sering dicuci maka justru dapat membuat kulit memproduksi minyak semakin banyak, cukup cuci muka sekali dua kali, pada pagi dan sore atau malam hari.
  • Bilaslah dengan bersih dan seksama. Sisa sabun yang tertinggal dapat menyebabkan tersumbatnya pori-pori dan dapat memicu munculnya jerawat.
  • Perhatikan suhu air saat memberishkan wajah. Gunakan air dengan suhu yang suam kuku, tidak terlalu hangat serta tidak terlalu dingin.
  • Setelah membersihkan wajah, jangan menggosok muka dengan handuk.  Hal ini dapat menyebabkan kulit iritasi, cepat keriput karena kulit kehilangan elasitisitas saat tertarik oleh handuk. Tepuk-tepuk dengan lembut saat mengeringkan wajah.
  • Langsung gunakan pelembab setelah membersihkan wajah dengan sabun karena akan menjaga kelembapan kulit.
  • Sabun yang mengandung minyak tak perlu dihindari karena justru bermanfaat karena membersihkan pori-pori kulit dari kotoran serta bakteri.

Membersihkan wajah dengan baik dapat menjaga kesehatan serta keremajaan kulit anda.  Dengan menggunakan sabun pembersih wajah alami baik yang buatan sendiri maupun membeli dari produk herbal ataupun produk kosmetik yang aman dapat membuat kulit tetap sehat.

Bagikan: Share on Google+Pin on PinterestTweet about this on TwitterShare on Facebook

Leave a Reply